Senin, 16 Mei 2011

Tips Memperbaiki Memori Otak.

  •        Tidur Cukup.

Tanpa tidur malam yang nyenyak, kita akan merasa lelah dan konsentrasi melemah. Dalam bukunya “Power Sleep”, Dr. James B. Maas, professor psikolo0gi dari Cornell University menulis “…. Tidur memegang peranan penting untuk memudahkan penyimpanan daya ingat dan mempertahankan memori. Tanpa tidur, kesehatan mental terganggu.”
  • Latihan Daya Ingat.

Mind mapping ( peta pikiran ) adalah latihan yang sempurna untuk melatih daya ingat. Mind mapping adalah sistem penggunaan image atau gambar yang digunakan untuk mewakili bahan-bahan yang akan dipelajari atau akan hafal.
  • Hidup Sehat.

Menurut psikolog pendidikan, Poon Cosiew Win, apa yang kita konsumsi sangat penting, karena sangat berpengaruh pada kemampuan otak dalam menyimpan informasi. Inilah rekomendasinya :
· Minumlah air minimal delapan gelas sehari.
Air berfusi menompang sistem memori, khususnya pada orang tua,. Kekurangan air dapat menimbulkan kebingungan dan kesulitan pikiran lainnya.
· Nutrisi yang cukup.
Vitaminyang penting unutk kinerja memori, seperti ; tiamin, folic acid, dan vitamin B 12 dapat ditemui pada roti., seral, sayuran, dan buah-buahan. Ekstrak tumbuhan Ginko biloba terbukti mampu meningkatkan daya ingat mereka yang berusia setengah baya hingga tujuh persen.
· Hindari konsumsi alkohol.
Minim alkohol secara regular dapat mengganggu memori jangka pendek. Sehingga hal yang sepele, seperti menaruh kacamata juga akan lupa.
· Kunci kafein.
Kopi dan the memang dapt membuat seseorang terjaga, semakin banyak meminumnya, maka semakin lama terjaga. Jika seseorang banyak terjaga, maka dia akan kurang tidur . dan kita tahu bahwa kurang tidur itu mempengaruhi memori otak.
· Tidak merokok.
Merokok dapat mengurangi jumlah oksigen didalam otak, sehingga mempengaruhi fungsi memori. Sebuah tes membuktikan bahwa mereka yang menghabiskan satu bungkus rokok sehari mengalami kesulitan mengingat wajah dan nama dibanding dengan non-perokok.
Obat-Obatan.
Pil penenang, penenang otot, pil tidur dan anti kecemasan mengansung diazepan dan lorazepan, yang dapat mempengaruhi daya ingat dan memicu depresi.
Rangsang Ingatan.
Memaksimalkan daya ingat dapat dilakukan dengan belajar dengan belajar keahlian baru. Hal ini bisa merangsang saraf-saraf otak untuk berkembang.
  • Beri Perhatian.

konsentrasilah padahal yang anda anggap paling penting dan bahwa sampai tidur. Revisi kembali keesokan harinya, saat memori sedang pada sedang puncaknya. Lakukan seminggu kemudian. Cara ini akan meninggalkan daya ingat. Lakukan hal ini empat kali dalam sebulan.. jika anda sudah melakukan lia kali, tiga bulan kemudian informasi ini akan tersimpan dalam ingatan anda.
Hubungkan Fakta Pada Imajinasi.
Memori bekerja lewat hubungan . maka ciptakan hubungan antara informasi dengan teknik menghafal.
Terorganisasi.
Lingkungan kerja yang berantakan menyulitkan kita unutk menemukkan dan mengingat banyak hal. Catat tugas dan janji penting dalam agenda. Ini akan membantu anda mengingat hal-hal kecil.
REVERENSI
Judul buku Quantum learning, pengarang Bobby de Porter, kaifa.
Powered By Blogger