Kamis, 19 Mei 2011

Waspadai Link Dislike di Facebook

Jangan terlalu cepat untuk mengklik link yang bertuliskan “Enable Dislike Button” di Facebook, karena scam akan menyebar cepat dan bisa menyebabkan masalah untuk pengguna jejaring sosial tersebut. Pesan yang berisi adanya tombol tersebut telah muncul di berbagai wall user. Menurut firma keamanan, Sophos Security, scammer telah mengganti pilihan “Share” yang ada di bawah posting wall dengan link yang bertuliskan “Enable Dislike Button”.
Namun, faktanya link “Enable Dislike Button” tidak tampil di inti pesan, namun di baswah “Link” dan “Comment”, yang digunakan untuk membodohi user yang percaya bahwa link itu asli. Dengan mengklik link tersebut, maka akan otomatis meneruskan pesan palsu mengenai “Facebook Dislike Button” tersebut ke semua wall teman user, namun juga akan menjalankan sebuah Javascript di komputer korban.
Menurut Sophos, tidak ada tombol dislike yang disediakan oleh Facebook, hanya sebuah trik penyebaran malware, sehingga user nantinya akan mem-paste Javascript ke address bar browsernya, dan akan muncul survey berbahaya.
Powered By Blogger